Algoritma
Adalah inti dari ilmu komputer.Algoritma adalah gambaran
langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah.Problem = langkah-langkah penyelesaian.
Algoritma adalah blueprint dari
program.Sebaiknya disusun sebelum membuat program.Kriteria suatu Algoritma:
- Complete
- Precise
- Finite
Contoh Algoritma 1
Mengirim surat ke pada teman:
- Tulis surat pada secarik kertas surat.
- Ambil sampul surat.
- Masukkan surat ke dalam sampul.
- Tutup sampul surat menggunakan perekat.
- Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka
tulis alamat pada sampul surat.
- Jika tidak ingat, lihat buku alamat,
kemudian tulis alamat pada sampul surat.
- Tempel perangko pada surat.
- Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.
Contoh
Algoritma 2
Menentukan
apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
- Masukkan
sebuah bilangan sembarang
- Bagi
bilangan tersebut dengan bilangan 2
- Hitung
sisa hasil bagi pada 2.
- Bila
sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi
bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
2.2 Flowchart
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang
menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.Merupakan cara penyajian
dari suatu algoritma. Ada 2 macam Flowchart :
System Flowchart urutan proses langkah
dalam system dengan menunjukkan alat media
input, output sertajenis media penyimpanandalam proses pengolahan data.
Program Flowchart urutaninstruksi yang
digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu
program.
Data
|
jawaban
|
ujian
|
Koreksi
|
Daftar Koreksi
|
Data
|
File
|
utama
|
ujian
|
Tabel
Siswa
|
Periksa
|
Ujian
|
|
siswa
|
|
Laporan
|
Hasil
|
Ujian
|
Start
|
Print Judul
|
READ
|
Data
|
|
file ?
|
End
|
Kode = "P"
|
PRINT
|
Nama, Alamat
|
"Perempuan"
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Simbol-simbol Flowchart
Flow Direction Symbols (Simbolpenghubungalur).
Processing
Symbols (Simbol proses).Input-output Symbols (Simbol
input-output)
Pembuatan
Flowchart
Tidak ada kaidah
yang baku.Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah Flowchart
dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya.
Secara garis besar ada
3 bagian utama:
▪ Input
▪ Proses
▪ Output
Pembuatan
Flowchart – cont.
Hindari pengulangan
proses yang tidak perlu dan logika
yang berbelit sehingga jalannya
proses menjadi singkat.Jalannya proses digambarkan dari atas
ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
Sebuah
flowchart diawali dari satu titik
START dan diakhiri dengan
END.
Komentar
Posting Komentar