ALGORITMA PEMROGRAMAN


Algoritma
Adalah inti dari ilmu komputer.Algoritma adalah gambaran langkah-langkah dari penyelesaian suatu masalah.Problem = langkah-langkah penyelesaian.
Algoritma adalah blueprint dari program.Sebaiknya disusun sebelum membuat program.Kriteria suatu Algoritma:
  • Complete
  • Precise
  • Finite
Contoh Algoritma 1
Mengirim surat ke pada teman:
  1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
  2. Ambil sampul surat.
  3. Masukkan surat ke dalam sampul.
  4. Tutup sampul surat menggunakan perekat.
  5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat.
  6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian tulis alamat pada sampul surat.
  7. Tempel perangko pada surat.
  8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.
Contoh Algoritma 2
Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap.
  1. Masukkan sebuah bilangan sembarang
  2. Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2
  3. Hitung sisa hasil bagi pada 2.
  4. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.
2.2 Flowchart
Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah.Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Ada 2 macam Flowchart :
System Flowchart urutan proses langkah dalam system dengan menunjukkan alat media input, output sertajenis media penyimpanandalam proses pengolahan data.
Program Flowchart urutaninstruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.


Data

jawaban

ujian

Koreksi

Daftar Koreksi

Data

File

utama

ujian

Tabel  Siswa

Periksa

Ujian



siswa



Laporan

Hasil

Ujian


Start

Print Judul

READ

Data



file ?

End

Kode = "P"

PRINT

Nama, Alamat

"Perempuan"

Ya

Tidak

Ya

Tidak
Simbol-simbol Flowchart
Flow Direction Symbols (Simbolpenghubungalur). Processing Symbols (Simbol proses).Input-output Symbols (Simbol input-output)
Pembuatan Flowchart
Tidak ada kaidah yang baku.Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama:
       Input
       Proses
       Output

Pembuatan Flowchart – cont.
Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.

Komentar